Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBNBK) tingkat SMA serentak berlangsung mulai 15 Maret hingga 22 Maret 2019. Di SMAN 5 Palangka Raya, tercatat ada 171 siswa yang menjadi peserta dan mengikuti kegiatan ini.

Pada hari pertama USBN, Jumat 15 Maret 2019, sekolah yang telah beberapa tahun terakhir ini juga menyelenggarakan UNBK, mendapat kejutan. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. H. Slamet Winaryo, M.Si. dan Pengawas Pendidikan, Dr. Rusnani, M.Pd. meninjau langsung suasana USBNBK di sekolah yang berposisi di Jalan Tingang Km 3,5 Palangka Raya.

Maka dengan didampingi Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin dan mereka pun berkeliling melihat suasana di depan tiga ruang tempat dilaksankannya ujian sekolah itu. Meski hanya menengok dari depan pintu, tampaknya mereka cukup puas melihat para siswa begitu tenang dan lancar serta percaya diri mengerjakan soal-soal yang terpampang di layar komputer atau laptop

“Mudahan USBNBK ini berjalan lancar, tidak ada kendala listrik maupun jaringan. Semua pihak terkait dapat bekerja dengan baik dan sesuai prosedur. Kita ingatkan kembali pesan Gubernur Kalimantan Tengah, agar kita semua menyukseskan ujian SMA/SMK 100%. Ingat, prestasi penting, jujur yang utama. Kita percayakan siswa kita dapat mengerahkan kemampuannya dengan baik untuk menempuh ujian ini. Kita semua harus punya integritas karena itu bagian dari karakter. Insyaallah dengan bekerja penuh integritas, hasilnya juga berkualitas,’’ harapnya optimistis.

Menyinggung tentang masih terbatasnya jumlah komputer dalam pelaksanaan USBNBK, ia berharap pihak sekolah yang akan datang dapat mempertimbangkan untuk menggunakan android. Menurutnya, semua siswa rata-rata sudah punya android sehingga bisa dimanfaatkan sehingga tidak menunggu giliran per sesi untuk dalam menggunakan komputer di laboratorium yang jumlahnya terbatas

“Silakan dikaji untuk melaksanakan USBN Berbasis Android agar bisa dilaksanakan tanpa menunggu giliran per sesi. Jika ada pertimbangan lain yang mungkin juga lebih baik, silakan pula didiskusikan, “ tambahnya berpesan dalam dialog singkat dengan kepala sekolah, pengawas pendidikan, dan beberapa guru di sela-sela peninjauannya. (L.J.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *