Semarak kemeriahan itu pun berlangsung pagi itu. Bundaran Besar dipadati ribuan manusia. Minggu, 10 Februari 2019, Millenial Road Safety Festival (MRSF) yang digelar Ditlantas Polda Kalteng didukung Relawan Lalu Lintas Indonesia (Relasi) dan Perkumpulan Gerakan Kebangsaan diikuti berbagai lapisan. Sebagian besar peserta adalah siswa SMA/SMK/MA/SMP/MTs se-Kota Palangka Raya. Perwakilan berbagai instansi pun turut hadir. Organisasikemahasiswaan dari perguruan tinggi juga turut serta. Aneka paguyuban kesenian juga turut memeriahkannya. Bahkan komunitas angkutan penumpang daring (online), seperti gojek dan grab pun turut berpartisipasi.

Acara yang mengusung slogan “Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusian” itu langsung dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran. Saat membuka kegiatan di panggung utama ia mengajak agar masyarakat Kalimantan Tengah turut mewujudkan Kalteng Berkah dengan menjadi masyarakat yang menaati peraturan berlalu lintas, tertib, disiplin, santun, dan mengutamakan keselamatan bersama.

Beragam kegiatan di tengah semarak itu pun berlangsung. Ada pertunjukan musik yang menampilkan beberapa artis lokal dan Ibu Kota, pembacaan puisi oleh korban lakalanta, dan juga pemberian penghargaan serta beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa. Gerak jalan sehat yang diikuti ribuan peserta pelajar dan masyarakat umum dengan seragam khas masing-masing dengan dihiasi ikat kepala merah putih itu membaur dalam hangat kebersamaan.

Keramaian dan antusiasme semakin lengkap dengan suguhan berbagai acara yang memikat perhatian. Lomba Yel-Yel Keselamatan Berlalu lintas tampak diikuti dengan penuh semangat oleh para siswa SLTA. Meskipun teriakan yel-yel harus bersaing dengan hinggar-bingar musik dari panggung utama, gelora mereka tetap membara. Pun begitu dengan lomba duta lalu lintas di sisi yang lain. Mereka juga menampilkan kebolehan menampilkan berbagai peragaan dan kebolehan.

Beberapa stand yang tersebar di area Bundaran Besar juga tampak memberikan pelayanan informasi. Salah satunya yang menarik para siswa SLTA adalah stand yang memberikan informasi penerimaan calon anggota Polri. Tentu saja stand-stand lain yang menawarkan barang dan jasa, termasuk bermacam-macam makanan dan minuman juga tidak sedikit yang turut memeriahkan kegiatan ini.

Ya, kita tentu berharap kegiatan MRSF ini akan semakin menyadarkan masyarakat, khususnya generasi milenial untuk menyadari pentingnya ketertiban dan keselamatan berlalu lintas. Berbagai peristiwa musibah berlalu lintas yang diawali adanya pelanggaran hendaknya menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Betapa kelancaran dan keselamatan berlalu lintas itu akan mendukung kelancaran dan keselamatan serta kesuksesan kegiatan lain yang akan berlangsung. Oleh karena itu, mari kita hentikan segala bentuk pelanggaran berlalu lintas, cegah kecelakaan, dan wujudkan keselamatan untuk kemanusiaan. Semoga. (L.J.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *