Ramadan Bulan Penguatan Pendidikan Karakter

Manusia adalah makhluk berkarakter. Sebagai makhluk berkarakter, manusia mesti menguatkan karakternya. Tanpa menguatkan karakternya, bisa jadi kita sebagai manusia akan lemah dan kehilangan karakternya sebagai manusia. Apalagi, dalam kehidupan ini begitu banyak tantangan, ujian, dan godaan yang bisa meruntuhkan karakter sebagai manusia yang sesungguhnya.

Penguatan karakter bisa dilakukan manusia sebagai individu, anggota keluarga, warga sekolah, warga masyarakat, dan warga negara. Penguatan pendidikan karakter ini sangat penting dan harus terus senantiasa dilakukan. Berbagai persoalan yang terus mengemuka dalam kehidupan sekitar dan kehidupan berbangsa memerlukan kekuatan karakter untuk menghadapinya.

Sekolah merupakan salah satu tempat yang ideal untuk membentuk dan menguatkan karakter siswa atau generasi muda. Sekolah memiliki manajemen, guru, kurikulum, sistem dan perangkat yang bisa diberdayakan secara terencana dan sistematis dan terintegrasi untuk menguatkan pendidikan karakter. Dengan kerja sama secara solid dan terintegrasi serta berbasis kelas, berbasis sekolah, berbasis eksktrakurikuler, dan berbasis masyarakat diharapkan sekolah menjadi tempat bagi Penguatan Pendidikan Karakter yang representatif.

Pembentukan dan penguatan nilai-nilai karakter sebagai manusia dan bangsa untuk menjadi religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas merupakan bagian dari tujuan Penguatan Pendidikan Karakater. Tujuan ini tentu akan dapat dicapai melalui kegiatan partisipatif semua pihak melalui pembiasaan dan pembudayaan penguatan karakter.

Salah satu upaya untuk mewujudkan penguatan karakter para siswa dan warga sekolah itu adalah melalui Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang digelar di sekolah. Sesuai dengan kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, selama minggu kedua dan minggu ketiga bulan Mei 2019, SMA/ SMK di Kalimantan Tengah telah melaksanakan Program PPK. Kebetulan sekali pelaksanaan PPK ini bersamaan dengan bulan penuh berkah, yakni bulan Ramadan 1440. Ini tentu menjadi momentum yang sangat tepat untuk semakin menguatkan karakter di bulan yang mulia ini.

SMAN 5 Palangka Raya termasuk sekolah yang melaksanakan PPK di bulan yang mulia ini. Selama dua minggu, yakni tanggal 13—24 Mei 2019 para siswa mengikuti program ini didampingi guru agama dan guru pendamping PPK. Meskipun momennya bersamaan dengan bulan Ramadan, bukan berarti hanya siswa muslim saja yang mengikuti program ini. Di sekolah para siswa terbagi dalam kelompok-kelompok PPK sesuai dengan agama dan keyakinannya. Siswa yang beragama Islam mengikuti kegiatan PPK di musala sekolah, siswi beragama Kristen berkegiatan di aula, siswa beragama Katolik di ruang kelas, dan siswa beragama Hindu memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat kegiatannya.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin, sekaligus sebagai pembina PPK siswa muslim, menyampaikan bahwa upaya untuk menguatkan karakter terus dilakukan pihaknya. Kerja sama dengan melibatkan partisipasi para pendidik juga dilakukan. Apalagi, bulan Ramadan ini sebagai bulan untuk membersihkan diri dan memperkuat keimanan dan ketakwaan tentu sangat mendukung dalam upaya menguatkan pendidikan karakter.

Berbagai kegiatan telah dilakukan selama PPK bagi siswa muslim di musala. Tadarus alquran, mengkaji isi kandungan alquran, tausiah, dan salat berjamaah telah dilakukan bersama guru pembina. Meskipun kegiatan setiap hari kegiatan tidak berlangsung hingga sore, diharapkan ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi penguatan karakter para siswa.

Di akhir kegiatan PPK pada 24 Mei 2019, kegiatan resmi ditutup dengan menggelar buka puasa bersama di aula sekolah. Pada kesempatan ini juga dilakukan tadarus khatam alquran. Tausiah ustaz pun menjadi pelengkap untuk memberikan pencerahan tentang pentingnya makna puasa untuk membentuk pribadi yang bertakwa dan berkarakter. Pada acara buka puasa bersama ini beberapa siswa dan guru nonmuslim juga hadir dan turut menikmati hidangan berbuka.

Semoga Ramadan benar-benar menjadi bulan penuh berkah bagi upaya Penguatan Pendidikan Karakter. Berkah Ramadan dapat diraih dan karakter pun semakin menguaat. Aamiin. (L.J.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *